Family Sunday Movie

Family Sunday Movie

Family Sunday Movie, Peluang Emas Para Sineas Indonesia Tahun Ini!

Jakarta, EKRAF.net – Hei, kamu para sineas Indonesia, pernahkah kamu bayangkan, suatu saat kamu akan bertemu dengan Mas Menteri Sandiaga Uno (dan pastinya sekaligus para pejabat terkait) dan para sineas nasional di sebuah acara Meet & Greet?

Kalau iya, maka tahun ini adalah tahun terbaik kamu. Kenapa? Karena tahun ini, impian kamu bukan lagi mimpi, melainkan peluang emas!

Tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) buka kesempatan bagi para sineas Indonesia untuk pamerkan karya filmnya kepada para pecinta film Indonesia.  Kesempatan ini berupa program Family Sunday Movie yang dihelat sejak Februari hingga Oktober 2022.

Setiap bulannya, Kemenparekraf akan menyeleksi film yang terdaftar dan hanya memilih 2 film saja.

Film yang terpilih akan dapatkan apresiasi berupa sertifikat, merchandise dan uang.

Jika film kamu terpilih, maka film kamu akan ditayangkan di kanal Youtube Kemenparekraf dan Family Sunday Movie. Selain itu, film kamu juga akan bisa terpublikasi di portal media nasional.

Tentang Meet & Greet itu, tentu saja kamu akan hadir di gelaran Meet & Greet bareng Mas Menteri Sandiaga Uno, para pejabat terkait dan para sineas nasional secara virtual. Acara ini akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Kemenparekraf.

Masih belum cukup dengan semua ganjaran itu?

Tenang, penyelenggara Family Sunday Movie akan siapkan uang tunai untuk film peraih viewers terbanyak yang ditayangkan di kanal Youtube Kemenparekraf.

Puncak dari rangkaian pemutaran film ini adalah malam penghargaan Family Sunday Movie. Film yang lolos kurasi setiap bulannya berhak menjadi nominee di malam penghargaan ini yang akan digelar pada 19-20 November 2022.

Pendaftaran film terbuka setiap tanggal 2 hingga 12 setiap bulannya. Sedangkan pengumuman film yang lolos kurasi dilakukan setiap tanggal 22.

Kualifikasi seleksi film

Film yang berhak ikut seleksi Family Sunday Movie adalah film pendek berdurasi 10-25 menit dan film dokumenter berdurasi 10-30 menit.

Tema film yang diterima adalah keluarga, komedi, heroic, kebangsaan, motivasi, edukasi, lingkungan sosial, olahraga dan inspirastif.

Secara umum, film tidak boleh mengandung unsur SARA dan berformat Full HD.


Baca juga: Simak Daftar Kemudahan dan Insentif Pemerintah Untuk Wirausaha Ini!


Terkait pembuat film, sutradara haruslah berdomisili di Indonesia atau berstatus Warga Negara Indonesia.

Syarat tersebut juga berlaku bagi produser eksekutif dan/ atau produser dan/ atau penulis naskah. Setidaknya 70 persen produksi film harus dilakukan di Indonesia.

Syarat ikut FSM

Karya film harus karya asli peserta. Musik atau lagu dan materi lainnya, seperti foto, grafis dan lainnya, tidak melanggar hak cipta dan tidak mengandung unsur promosi, SARA, kekerasan dan pornografi.

Penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan atau hadiah yang sudah diberikan jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya.

Bahkan, jika di kemudian hari muncul gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab atas hal ini. Panitia berasumsi bahwa seluruh video yang diikutsertakan adalah karya orisinal peserta.

Berkaitan kepentingan publikasi, penyelenggara memegang hak siar dan bisa menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh.

Pada saat pendaftaran, kamu harus menyertakan (attachment) berupa URL link film kamu ke situs Family Sunday Movie.

Selain ketentuan di atas, kamu sebagai sineas akan tetap memegang hak cipta atas karyamu.


Baca juga: Flyfish Club, Restoran NFT Pertama di Dunia!


Cara daftar

Program ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Peserta yang mendaftar harus berupa tim. Sutradara dan pemeran wajib masuk dalam tim ini.

Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran di link ini.

Selain itu, kamu wajib follow akun Instagram @familysundaymovie.

Tentang jumlah karya film yang dapat didaftarkan, kamu boleh mendaftarkan karya film lebih dari 1 karya. Artinya, tidak ada batasan.

Film pendek atau dokumenter yang didaftarkan harus berupa softcopy sesuai kualifikasi yang sudah ditentukan.

Program ini terbuka untuk umum dan pastinya tidak dipungut biaya alias gratis!

Jadi, buruan daftarkan karya film terbaik kamu di link ini! ***(TP)

Sumber: Family Sunday Movie

Foto: Myke Simon/ Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *