Kemudahan dan Insentif Pemerintah

Kemudahan dan Insentif Pemerintah

Simak Daftar Kemudahan dan Insentif Pemerintah Untuk Wirausaha Ini!

Jakarta, EKRAF.net – Pemerintah menilai jumlah wirausaha di Indonesia masih kurang. Untuk itu, perlu terobosan untuk mempercepat pertumbuhan dan rasio kewirausahaan di Indonesia. Terobosan itu adalah Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

Hal ini disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) Teten Masduki dalam rilis resminya, Senin (24/1/2022) kemarin.  

“Perpres Pengembangan Kewirausahaan Nasional sangat diperlukan untuk mengejar ketertinggalan jumlah wirausaha di Indonesia yang masih mencapai 3,47 persen. Pemerintah menargetkan pertumbuhan rasio kewirausahaan pada 2024 mencapai 3,95 persen agar struktur ekonomi nasional lebih kuat,” ujar Teten.

Berikut ini adalah kemudahan yang bisa kamu dapatkan sebagai wirausahawan dari pemerintah sebagaimana tercantum di pasal 12 Perpres Nomor 2 Tahun 2022:

Kamu dapat mendaftarkan perizinan berusaha dalam sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Kamu juga akan mendapat fasilitas standarisasi dan sertifikasi dalam negeri dan untuk ekspor. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan kemudahan akses pembiayaan dan penjaminan.

Terkait dengan pemerintah, kamu juga akan mendapat prioritas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta akses pasar digital Badan Usaha Milik Negara.

Kamu bisa peroleh akses penyediaan bahan baku dan/ atau bahan penolong. Bahkan, kamu bisa mengakses fasilitas umum yang meliputi lahan area komersial di tempat perbelanjaan, dan/ atau tempat promosi strategis di infrastruktur publik sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku.

Kemudahan lainnya adalah kemudahan riset dan pengembangan usaha, akses peningkatan kapasitas usaha melalui pendampingan, pendidikan dan pelatihan serta bimbingan teknis.

Kamu juga akan dapatkan kemudahan lain, sesuai ketentuan regulasi yang berlaku.


Baca juga: Kemenkopukm Cari UKM Dengan Produk Ori, Bukan KW!


Insentif

Lalu bagaimana dengan insentifnya?

Kamu sebagai wirausahawan akan dapat pengurangan, keringanan dan/atau pembebasan pajak daerah dan retribusi daerah.

Kamu juga bisa dapat subsidi bunga pinjaman pada kredit program pemerintah dan/ atau fasilitas pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku.

Bahkan, perpres yang baru ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 3 Januari 2022 ini juga memuat ketentuan yang memberikan insentif kepada para pemangku kepentingan.

Pemangku yang dimaksudkan pada perpres ini adalah “orang perseorangan, kelompok masyarakat, akademisi, organisasi profesi, pelaku usaha, asosiasi pelaku usaha, Iembaga swadaya masyarakat, dan mitra pembangunan lainnya yang terkait dengan Pengembangan Kewirausahaan Nasional.”

Pasal 13 memuat ketentuan insentif bagi para pemangku kepentingan. Mereka akan mendapatkan insentif pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, mereka juga akan memperoleh insentif berupa pengurangan, keringanan dan/atau pembebasan pajak daerah dan retribusi daerah, sesuai ketentuan yang berlaku.

Perpres ini juga memuat kebijakan perihal keadaan kahar atau force majeur yang berdampak kepada usahamu.

Sebagaimana tercantum di pasal 14, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah mengupayakan pemulihan dunia usaha dengan cara restrukturisasi kredit, rekonstruksi usaha, bantuan permodalan, dan/ atau bentuk lain.

Yang termasuk keadaan kahar adalah bencana, wabah atau kondisi lain yang ditetapkan oleh pejabat berwenang.

Program pemulihan ini diprioritaskan kepada usaha yang terdampak keadaan kahar tersebut.***(TP)

Foto: Mike Petrucci / Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *