Indonesiana Film 2022

Indonesiana Film 2022

Dua Ganjaran Ini Layak Kamu Raih di Indonesiana Film 2022

Jakarta, EKRAF.net – Sebagaimana lokakarya lainnya, Indonesiana Film 2022 merupakan sebuah lokakarya subsektor film bagi kategori skenario film fiksi panjang yang menawarkan dua hal menarik. Jika kamu tipe pencari ilmu, Indonesiana Film 2022 menjadi kesempatan terbaik kamu mendapatkan ilmu dari para professor penulisan skenario dari University of Southern California, Amerika Serikat. Namun, jika kamu sedang butuh uang untuk produksi film, Indonesiana Film 2022 siap mengganjar skenario terbaikmu dengan uang 100 juta Rupiah!

Tidak hanya itu!

Hadiah bagi skenario terbaik kedua adalah uang sejumlah 75 juta Rupiah. Sedangkan bagi skenario terbaik ketiga, hadiahnya adalah uang tunai 60 juta Rupiah. Selain itu, penyelenggara juga memberikan sertifikat bagi mereka.

Untuk para peserta yang berhasil mengikuti seluruh rangkaian lokakarya dengan baik dan dinyatakan lulus, penyelenggara akan berikan dana apresiasi sebesar 50 juta Rupiah.

Indonesiana Film 2022 membuka kesempatan terbaik ini untuk tim film yang terdiri dari produser, penulis dan sutradara. Produser dan penulis dalam sebuah tim menjadi kewajiban. Sedangkan sutradara bersifat opsional.

Melalui lokakarya ini, kamu yang lolos seleksi untuk menjadi peserta akan diajak menggali cerita dengan latar belakang kelokalan yang kuat sekaligus punya daya tarik universal yang luar biasa.

Dengan mengikuti lokakarya ini pula, kamu akan berkesempatan presentasi di Project Market Indonesiana Film 2022. Project Market ini akan menjadi kesempatan terbaik kamu bertemu dengan para investor, sponsor, streaming platforms, calon co-produser dan pemerintah daerah lokasi cerita.

Peluang mengikuti Project Market Indonesiana Film 2022 ini hanya diberikan kepada peserta yang mengikuti seluruh rangkaian lokakarya penulisan dengan baik dan dinyatakan lulus.

Peserta yang lulus lokakarya ini wajib mencantumkan di awal filmnya: “Dikembangkan melalui Lokakarya Indonesiana Film 2022.”

Kriteria pendaftar

Pendaftar harus kelompok atau tim produksi film yang terdiri 2-3 orang. Mereka adalah produser, penulis dan sutradara. Penyelenggara mewajibkan produser dan penulis ada dalam tim. Sedangkan sutradara hanya bersifat opsional atau tidak wajib.

Pendaftar haruslah berkewarganegaraan Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilihan KTP dan berdomisili di Indonesia.

Usia pendaftar di atas 18 tahun dan minimal mampu berbahasa Inggris secara pasif.


Baca juga: Dua Strategi Sovlo Ini Selamatkan Lotus Group


Bagi penulis, persyaratannya adalah berpengalaman menulis skenario dengan sedikitnya punya satu karya cerita panjang atau punya prestasi lain di bidang perfilman.

Sedangkan bagi produser, haruslah berpengalaman memproduseri sedikitnya satu film cerita panjang sebagai produser utama. Jika punya pengalaman sebagai produser pelaksana, minimal pernah terlibat pada dua film cerita panjang. Film yang pernah diproduseri haruslah sudah tayang.

Syarat bagi penulis dan atau sutradara adalah punya pengalaman menulis dan menyutradarai film cerita, film pendek atau film dokumenter dengan portofolio, prestasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Syarat terakhir adalah pendaftar tidak sedang menjalani perawatan atau terlibat penyalahgunaan narkoba.

Pihak penyelenggara juga menegaskan, peserta terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian lokakarya dan mengumpulkan tugas sesuai tenggat waktu. Hal ini akan tertulis dalam kontrak peserta.

Cara daftar dan apa yang perlu disiapkan

Kamu harus mendaftar secara daring dan mengisi formulir data diri. Kemudian, unggah dokumen administrasi dan unggah dokumen substansi.

Pada bagian dokumen administrasi, kamu unggah KTP setiap peserta dan biodata pendek, tidak lebih dari satu paragraf. Selain itu, unggah juga portofolio film setiap peserta dengan maksimal lima film dan prestasinya.

Surat pernyataan kesediaan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Indonesiana Film 2022 juga harus diunggah. Setiap orang membuat surat pertanyaan ini disertai materai.

Sedangkan dokumen subtansi terdiri dari empat dokumen. Pertama, logline film fiksi panjang maksimal tiga kalimat. Kedua, sinopsis film fiksi panjang dengan ketentuan maksimal dua halaman, jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5 dan gunakan kertas A4. Sinopsis sebaiknya diselesaikan hingga cerita berakhir. Dengan kata lain, tana pada informasi yang menggantung.

Ketiga, pernyataan produser dengan ketentuan serupa dengan sinopsis film. Tidak lebih dari dua halaman dengan gunakan huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5 dan ukuran kertas A4.

Keempat, surat pernyataan keaslian ide dari penulis dan bermaterai. Selain itu ada surat pernyataan kepemilihan hak adaptasi dari produser, juga bermaterai. Sedangkan bukti kepemilikan hak adaptasi berupa kontrak.

Semua dokumen subtansi harus dibuat dalam satu dokumen PDF.

Tentang cerita

Setiap tim boleh mengirim lebih dari satu ide cerita.

Cerita dapat berupa adaptasi atau ide orisinil. Jika kamu mengirim cerita adaptasi, penyelenggara mewajibkan kamu sudah memiiki hak adaptasinya. Kamu juga harus melampirkan surat pernyataan kepemilikan ide di atas materai atau bukti kepemilikan hak adaptasi.

Cerita belum pernah dipublikasi dan tidak sedang diikutsertakan pada lokakarya penulisan lainnya.

Cerita yang terpilih tidak boleh didaftarkan ke lokakarya lain yang sejenis hingga program Indonesiana Film 2022 selesai.

Cerita yang kamu kirimkan tidak boleh mengandung informasi, berita, fakta yang melanggar etika, hukum dan unsur SARA.

Penyelenggara menetapkan, hak cipta karya melekat pada peserta. Kemdikbudristek berhak mempublikasikan Sebagian atau keseluruhan seknario untuk kepentingan non komersial.

Penyelenggara juga mewajibkan peserta melampirkan surat kesediaan mengikuti pelatihan Indonesiana Film 2022 sejak awal hingga akhir kegiatan, dengan tanda tangan di atas materai.  

Seluruh dokumen pendaftaran harus berbahasa Indonesia.


Baca juga: Akhir Tahun 2021, BiP Investasi Fitur Keamanan Terbaru


Simak jadwalnya

Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  sebagai penyelenggara telah menetapkan jadwal seleksi. Lokakarya Indonesiana Film 2022 ini akan berlangsung setahun penuh hingga Desember 2022.

Setelah periode pendaftaran selesai tanggal 31 Desember 2021, akan dilakukan periode wawancara calon peserta pada 10 – 14 Januari 2022.

Sesi administrasi kontrak peserta akan dilakukan pada 17 – 20 Januari 2022. Sedangkan pada 23 Januari 2022 akan ada pengumuman peserta terpilih.

Sesi pembukaan dan pengantar lokakarya Indonesiana Film 2022 baru diselenggarakan pada 4 Februari 2022.

Sesi pertama, penulisan sinopsis berlangsung sejak Februari hingga April 2022. Lokakarya produksi dan rencana bisnis juga diadakan pada April 2022.

Sesi kedua, penulisan treatment dijadwalkan pada Mei hingga Agustus 2022. Jadwal berikutnya, riset lapangan pada Agustus 2022.

Sesi ketiga, penulisan step outline pada Agustus hingga November 2022. Pada September 2022 akan ada sesi mentoring business plan.

Sedangkan pada Desember 2022, penyelenggara menjadwalkan batas pengumpulan rancangan skenario pertama.

Pada bulan yang sama pula, peserta akan mengikuti Project Market Indonesiana Film 2022 dan pengumuman pemenang.

Tertantang ikut lokakarya Indonesiana Film 2022?

Buruan daftarkan tim kamu dengan klik link ini.***(TP)

Foto: Patrick Fore / Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *