Garuda Hacks 2.0

Garuda Hacks 2.0

Punya Solusi Untuk 3 Isu Ini? Kamu Wajib Ikut Garuda Hacks 2.0!

Jakarta, EKRAF.netGaruda Hacks 2.0, kompetisi hackathon internasional, kembali digelar! Sebagai kompetisi yang terbuka bagi seluruh talenta terbaik di seluruh dunia, Garuda Hacks 2.0 mengajak peserta melihat tiga isu penting di Indonesia secara kritis dan hadirkan solusi untuk ketiganya. Selama 36 jam, proyek yang kamu siapkan harus hasilkan solusi untuk isu usaha kecil, keberlanjutan (sustainability) dan peluang.

Mayoritas penduduk Indonesia bekerja di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ini merupakan jantung masyarakat Indonesia sekaligus kunci pertumbuhan ekonomi. Peserta Garuda Hacks 2.0 akan ditantang untuk menyederhanakan proses yang harus dilakukan pengusaha UMKM ini. Tujuannya adalah agar mereka dapat lebih fokus menjalankan bisnis mereka. Peserta juga dapat mengurangi biaya dan meningkatkan margin profit pengusaha UMKM. Selain itu, opsi lainnya adalah membuka pasar-pasar baru untuk para pengusaha UMKM dan meningkatkan interaksi yang lebih baik antara pelanggan dan pengusaha UMKM.

Pada isu keberlanjutan (sustainability), para peserta harus menyadari krisis iklim yang mengancam kehidupan di bumi. Penyelenggara Garuda Hacks 2.0 mengajak para peserta untuk menyelamatkan berbagai komunitas di Indonesia untuk menyatukan usaha. Dengan demikian, komunitas-komunitas ini akan mampu dan berdaya untuk bertindak secara nyata.


Baca juga: Garuda Hacks 2020, Ajang Kompetisi Pemrograman Sedunia!


Melalui Garuda Hacks 2.0, para peserta dapat mengedukasi setiap orang perihal keberlanjutan dan contoh terbaiknya. Alternatif lain adalah menciptakan inisiatif di level akar rumput untuk menjaga kebersihan sumber daya alam. Ketiga, mengimplementasikan teknologi untuk mendeteksi perubahan secara real-time yang terjadi di lingkungan kita. Keempat, menciptakan bisnis yang menghasilkan uang sekaligus menjaga lingkungan.

Isu ketiga, peluang. Dengan situasi saat ini, penyelenggara Garuda Hacks 2.0 menyakini bahwa kita tidak perlu merasa terbatas untuk menemukan peluang. Dengan teknologi, arena bermain dalam mitigasi ketidaksetaraan di ruang hidup kita telah berubah.

Para peserta dapat menyediakan program yang melengkapi individu untuk memasuki pasar tenaga kerja dengan ketrampilan yang dapat dialihkan (transferrable skill). Opsi lain adalah peserta dapat menciptakan aksesibilitas dan inklusivitas di sektor pendidikan, pekerjaan atau menemukan sebuah ruang hidup. Para peserta bisa memanfaatkan konektivitas Indonesia dan infrastrukturnya untuk menghubungkan individu dengna berbagai peluang. Selain itu, peserta juga bisa meningkatkan kemakmuran ekonomi melalui teknologi.

Untuk mendukung kompetisi ini, penyelenggara telah menggandeng sejumlah pelaku industri teknologi sebagai pembicara pada lokakarya yang telah dipersiapkan. Dengan mengikuti lokakarya ini, para peserta akan mendapatkan materi menarik tentang rekayasa perangkat lunak (software engineering), desain produk yang dibutuhkan perusahaan rintisan (startup).

Garuda Hacks 2.0 akan menjadi ajang kompetisi yang melibatkan para pelaku industri sebagai jurinya. Sebagian di antaranya, CEO Ecoxystem Venture Builder, Johathan Davy; software engineer Facebook, Viandrudigo Djianto; Vice President of UI/UX Design Mekari, Dirman Suharno, Direktur Teknologi Garuda HQ, Nucholas Axl; Pendiri Learning Leaders, Galicia Gordon; CEO Yuna & Co., Winzendy Tedja; Analis Bisnis McKinsey and Co., Rafael Brian Sumali dan Kepala Investasi BRI Ventures, Erik Hormein.


Baca juga: Bangun Koperasi Itu Simple!


Untuk bisa mengikuti Garuda Hacks 2.0, kamu tidak wajib punya kemampuan coding. Kompetisi ini juga terbuka untuk kamu yang punya kemampuan desain, perencanaan bisnis, dan sebagainya. Yang terpenting, kamu dapat ikut memberi dampak dalam proyek tim peserta Garuda Hacks 2.0 dengan berbagai cara.

Kompetisi Garuda Hacks 2.0 adalah ajang tarung tim, bukan individu. Namun, kamu dapat ikut kompetisi ini dengan mendaftarkan diri secara individual. Setelah mendaftarkan diri, sebelum kompetisi dimulai, kamu bisa membentuk tim dari peserta individual lainnya yang belum memiliki tim. Setiap tim maksimal terdiri dari empat individu. Penyelenggara akan bantu kamu untuk membentuk tim.

Dengan berpartisipasi dalam Garuda Hacks 2.0, kamu akan belajar dari berbagai ahli di industry teknologi terkini. Selain itu, jika kamu menang, tentu akan mendapatkan berbagai bentuk hadiah dan berpotensi direkrut oleh berbagai perusahaan rintisan terkemuka.

Tertarik? Segera daftarkan dirimu atau tim kamu dengan klik link ini.

Mengapa? Karena Garuda Hacks 2.0 akan digelar pada 19-21 November 2021 secara virtual!***(TP)

Foto: Alex Kotliarskyi / Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *