GMark-2021

GMark-2021

Enam Produk Indonesia Gondol G-Mark 2021!

Jakarta, EKRAF.net – Tahun ini ada enam produk asal Indonesia menyabet penghargaan G-Mark atau Good Design Award (GDA), sebuah penghargaan desain produk bertaraf internasional yang digelar Japan Institute of Design Promotion (JDP), pada Rabu (20/10/2021).

Keenam produk ini merupakan bagian dari 20 produk pemenang Good Design Indonesia (GDI) 2021 yang difasilitasi oleh Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan.

Siapa saja peraih penghargaan G-Mark 2021 dari Indonesia?

Cakra Selaras Wahana. Ini adalah nama bagi sebuah bangunan layang pertama di Indonesia yang mengintegrasikan transportasi umum moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/ MRT) ASEAN di Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Cakra Selaras Wahana ini menghubungkan Transjakarta koridor I, XIII dan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB).

Cakra Selaras Wahana

Berdiri di ruas jalan yang terbatas, Cakra Selaras Wahana menjadi solusi aksesibilitas bagi halte Transjakarta koridor XIII yang selama ini belum bisa beroperasi karena lokasinya berada di ketinggian sekitar 23 meter di atas jalan.

Karya kedua adalah Jukung. Jukung merupakan sebuah wadah modern berbentuk kotak sederhana yang menawarkan kemudahan penyimpanan dan dekorasi yang sangat estetik. Eugonio Hendro dan Dua Anyam menciptakan Jukung lantaran terinspirasi bentuk perahu para penganyam wanita Kalimantan Selatan.

Jukung

Jukung dibuat secara konvensional dengan mengandalkan ketrampilan tangan dan menggunakan bahan purun yang fleksibel dan alami.

Karya ketiga, Kubiko, sebuah tas koper dari PT Continental Panjipratama. Kubiko lahir dari gaya hidup mobile para pelancong yang ingin tetap produktif ketika bepergian.

Kubiko

Karya keempat, Mukura Byond dari PT Mujur Kurnia Ampuh. Mukura Byond adalah sebuah roaster yang berfungsi sebagai lubang angin untuk ventilasi dan penerangan alami dalam bangunan. Mukura Byond terbuat dari keramik granit dan bobot yang sangat ringan. Bobotnya 75 persen lebih ringan dari roaster bata dan beton.

Mukura Byond

Karya kelima, PoreBlock, beton berpori dalam bentuk paving block yang mampu meresap air secara lebih cepat dari paving block konvensional. Karya Teknologi Kanggo Nusantara Bagja ini memiliki laju infiltrasi 100 lebih cepat dari paving block yang sudah ada saat ini. Beton berpori yang dibuat dari limbah batu bara ini mampu menahan beban truk seberat delapan ton.

Pore Block

Karya keenam, Rekajalin, sebuah karya anyaman dari PT Berkat Kriya Tritunggal. Rekajalin terinspirasi dari ornament relief candi dan corak anyaman suku Dayak dengan menggunakan Teknik anyam Holografis Byoliving. Rekajalin menggunakan rotan berkualitas dari hutan Kalimantan.

Rekajalin

Dengan prestasi ini, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi menilai, hal ini merupakan bukti bahwa produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.


Baca juga:


“Semoga penghargaan ini mampu menjadi pendorong dalam menggerakkan kembali sektor perdagangan,” ujar Didi.

Melihat gelaran penghargaan G-Mark 2021 ini, Chair of the Good Design Award 2021,Takashi Ashitomi melihat saat ini merupakan sebuah momen di mana dunia butuh berbagi harapan, aspirasi dan menciptakan sebuah masa depan baru dengan bekerja bersama atau bekerja dengan pertimbangan.

“Melalui proses penjurian tahun ini, saya menemukan sejumlah desain yang penuh dengan aspirasi dan aksi dengan pertimbangan,” kata Takashi dalam keterangan resminya.***(TP)

Sumber: Kemendag & G-Mark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *