UU HPP

Tok! DPR Sahkan UU HPP

Jakarta, EKRAF.net – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ke-7 Masa Persidangan Tahun sidang 2021-2022 telah setujui dan mengesahkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), hari ini, Kamis, (7/10), di Jakarta.

Dengan demikian, UU HPP menggantikan UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perpajakan.

Sebagaimana dikutip dari rilis resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, “RUU HPP ini merupakan wujud reformasi perpajakan yang selaras dengan upaya negara dalam mempercepat pemulihan ekonomi serta mendukung pembangunan nasional dalam jangka panjang.”

Regulasi harmonisasi peraturan perpajakan ini juga bertujuan kepatuhan wajib pajak yang masih rendah, menutup celah praktik-praktik erosi perpajakan, instrumen untuk mewujudkan keadilan, serta memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan, serta memperbaiki sistem perpajakan Indonesia.

Melalui rilisnya, DPR RI mengesahkan UU HPP ini setelah peserta rapat menjawab setuju setelah Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menanyakan persetujuan para peserta terhadap RUU HPP di Gedung Nusantara II, Jakarta, hari ini.


Baca juga:


Delapan fraksi yang menyatakan setuju terhadap pengesahan rancangan UU HPP adalah PDI-Perjuangan, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, PPP. Sedangkan fraksi yang menolak adalah fraksi PKS.

Sebelum pembahasan di Rapat Paripurna DPR RI, rancangan UU HPP ini telah dibahas di Komisi XI bersama pemerintah. Selain itu, rancangan UU HPP ini juga telah melewati tahap pembahasan di Rapat Panitia Kerja (Panja), Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin).

UU HPP mengatur enam kebijakan strategis di sektor pajak. Pertama, tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Kedua, tentang pajak penghasilan. Ketiga, tentang pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah. Keempat, tentang pengaturan program pengungkapan sukarela Wajib Pajak. Kelima, tentang pengaturan pajak karbon. Keenam, tentang cukai.**(TP)

Sumber: DJP & DPR RI

Foto: Olga DeLawrence / Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *