Kemenkop UKM

Kejar Target UMKM Masuk Ekosistem Digital, Kemenkop UKM Kerjasama Dengan Tokopedia

Jakarta, EKRAF.netKementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berharap kerjasama dengan Tokopedia akan mempercepat target pemerintah dalam menghubungkan usaha mikro, kecil dan menengah ke dalam ekosistem digital.

Harapan ini disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Tokopedia secara virtual, Selasa (28/9).

Hingga Agustus 2021, data UMKM yang telah terhubung ke dalam ekosistem digital berjumlah 15,9 juta. Angka ini meningkat 7,9 juta selama masa pandemi.

Pemerintah menargetkan, 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

Selain percepatan transformasi digital UMKM, Kemenkop UKM juga memiliki agenda transformasi usaha informal ke formal bagi usaha mikro melalui gerakan Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi).

“Melalui gerakan Transfumi yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, usaha mikro akan didampingi dalam memperoleh kemudahan akses, penyederhanaan perizinan dan perlindungan usaha dengan memanfaatkan aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA),” ujar Teten.

Untuk mendukung gerakan Transfumi ini, Kemenkop UKM membentuk Pendamping Garda Transfumi yang melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap usaha mikro dalam mengakses layanan OSS RBA.


Baca juga:


Data Kemenkop UKM saat ini menunjukkan, 6.851 Nomor Izin Berusaha (NIB) yang terfasilitasi. Angka ini telah melampaui target tahun 2021, 5.000 NIB, dan akan terus bertambah.

Pada kesempatan yang sama, CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya senang dapat berkolaborasi dengan Kemenkop UKM.

“Melalui kolaborasi ini diharapkan lebih banyak lagi lahir, tidak sebatas usaha mikro kecil menengah, tapi bisa naik kelas menjadi brand nasional, dan menjadi brand masa depan Indonesia. Tidak hanya menjadi tuan rumah di negara sendiri, melainkan juga mampu membawa nama Indonesia di panggung dunia,” kata William.

Nota kesepahaman antara Kemenkop UKM dan Tokopedia ini meliputi pengembangan usaha koperasi dan UMKM berbasis digital, pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi koperasi dan UMKM, terutama peningkatan kompetensi dan daya saing dalam hal pemasaran digital.

Selain itu, fasilitas pelatihan pembukaan akun toko dan pemasaran produk koperasi dan UMKM, fasilitasi perizinan berusaha, publikasi dan sosialisasi program kerjasama, pertukaran data dan informasi juga masuk dalam nota kesepahaman ini.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Sekretaris Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim dengan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

Jalinan Kerjasama ini bertujuan mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mendorong akselerasi usaha.***(TP)

Sumber: Kemenkop UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *