iFortepreneur 4.0

iFortepreneur 4.0: Kompetisi Bisnis UMKM Berhadiah 180 Juta Rupiah!

Jakarta, EKRAF.net – iFortepreneur 4.0, sebuah gelaran kompetisi bisnis sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, akan mengganjar para juara dengan total hadiah uang tunai mencapai 180 juta Rupiah.

Sebagai penyelenggara iFortepreneur 4.0, PT iForte Solusi Infotek berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Protelindo, Sekolah Manajemen dan Bisnis Institut Teknologi Bandung, CIEL dan PT LAPI ITB.

Melalui iFortepreneur 4.0, para pelaku UMKM yang ingin bertransformasi ke ranah digital akan mendapatkan pendampingan. Dengan demikian, mereka akan dapat memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat.

iFortepreneur 4.0 ini terbuka bagi para pelaku usaha UMKM yang beromzet di bawah lima milyar Rupiah pertahun. Selain itu, kegiatan bisnisnya sudah berjalan. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan foto kegiatan operasional usaha terbaru kepada panitia.

Setiap tim yang mendaftarkan diri maksimal terdiri dari tiga orang peserta yang merupakan pendiri atau bagian dari manajemen. Setiap tim hanya dapat diwakili oleh satu orang peserta.

Syarat lainnya adalah setiap tim wajib menandatangani Surat Pernyataan Ide dan Karya di atas materai senilai 10.000 Rupiah. Surat pernyataan ini berisi pernyataan bahwa ide bisnis ini belum pernah dibuat atau dijalankan sebelumnya dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi sejenis.  

Selain proses administrasi tersebut, setiap tim wajib menyampaikan proposal rencana bisnis kepada tim iFortepreneur 4.0. Proposal ini harus berformat pdf dan dikirim melalui email ke alamat ifortepreneur@iforte.co.id sebelum batas waktu yang ditentukan.


Baca juga:


Pihak penyelenggara akan menilai proposal rencana bisnis para peserta berdasarkan sejumlah variabel. Namun secara umum, panitia akan mencermati dua hal untuk menentukan pemenang iFortepreneur 4.0, yaitu orisinalitas dan dampak dari ide rencana bisnis yang ditawarkan.

Secara lebih detail, penilaian terhadap proposal akan dilakukan dengan enam variabel. Porsi terbesar adalah aspek konsep digital atau penggunaan ranah digital yang mencapai 25 persen penilaian. Lalu ada variabel dampak bisnis bagi masyarakat (20 persen), aspek manajemen sumber daya manusia, keuangan dan supply chain (20 persen). Variabel berikutnya adalah analisa peluang dan latar belakang yang masing-masing mencapai 15 persen. Sedangkan kerangka penulisan hanya 5 persen.

Panitia juga akan memberikan nilai plus jika ide bisnis peserta berada di ranah digital dan berpotensi memberikan dampak bagi masyarakat luas.

Proposal yang dikirimkan harus tersusun dari enam bagian, yaitu sampul, latar belakang, deskripsi bisnis, analisa peluang, rencana digitalisasi untuk lima tahun ke depan dan bukti-bukti pendukung seperti foto, lokasi atau review dari pelanggan.

Jika tim peserta lolos dan layak masuk babak kualifikasi tahap pertama, tim peserta harus membuat video profil perusahaan.

Memasuki babak kualifikasi kedua, tim peserta yang lolos akan mengikuti sesi coaching, mentoring serta presentasi. Pada sesi coaching ini, tim peserta berkesempatan mengajukan pertanyaan tentang strategi bisnis atau analisa bisnis kepada para coach. Hal ini mendukung persiapan tim peserta untuk mematangkan persiapan presentasi.

Pada babak final ini, panitia melakukan penilaian terhadap lima variabel. Porsi terbesar dari penilaian di babak final ini adalah presentasi yang mencapai 45 persen. Sedangkan variabel keaktifan dan kehadiran saat sesi coaching dan mentoring sama dengan variabel jumlah likes pada video profil perusahaan, yaitu 20 persen. Varibel orisinalitas dan kreativitas video profil perusahaan hanya bernilai 10 persen dan ketepatan waktu mengunggah video profil perusahaan bernilai 5 persen.

Tahap awal iFortepreneur 4.0 adalah pendaftaran administrasi, kemudian lokakarya mini pertama pada 6 Oktober 2021. Lokakarya mini kedua akan diadakan pada 13 Oktober 2021.

Sesi pengumpulan proposal rencana bisnis dibuka pada 9-16 Oktober 2021.

Panitia akan mengumumkan hasil kualifikasi pertama pada 23 Oktober 2021. Tahap berikutnya adalah masa publikasi video profil perusahaan yang berlangsung antara 24 Oktober – 6 November 2021.

Pengumuman hasil kualifikasi kedua alias babak final akan dilakukan pada 13 November 2021. Dua hari kemudian, 15 November 2021, panitia menyelenggarakan pertemuan teknis kepada para tim finalis.

Sedangkan jadwal coaching dan mentoring akan dilakukan pada 15-26 November 2021.

Para tim finalis akan melakukan presentasi pada 1-5 Desember 2021.

Tanggal paling penting bagi para tim finalis, yaitu pengumuman pemenang, akan dilakukan pada 13 Desember 2021.

Tertarik sekaligus tertantang? Segera daftarkan tim kamu sebelum 9 Oktober 2021 dengan klik link ini.***(TP)

Sumber: iFortepreneur 4.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *