Akatara 2021

Masa Pendaftaran Akatara 2021 Diperpanjang!

Jakarta, EKRAF.net – Batas waktu pendaftaran call for project Akatara 2021 diperpanjang hingga 27 September 2021, pukul 23.59 WIB.

Dengan demikian, peluang untuk mengirimkan proposal proyek film ke forum bisnis perfilman dan pasar film terbesar di Indonesia ini masih terbuka bagi para sineas Indoneisa.

Setelah absen di tahun 2020 lalu oleh situasi pandemi, tahun ini Akatara hadir kembali.  

“Dengan kembalinya Akatara, semoga bisa mengajak sineas tanah air untuk ikut serta dalam setiap rangkaian acara dan bisa menumbuhkan semangat perfilman untuk kembali membangun ekosistem yang sehat,” kata Hanifah Makarim, Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, sebagaimana dikutip dari rilis resmi Akatara 2021.

Melihat situasi saat ini, Vivian Irdris, Direktur Program Akatara, mengatakan, Akatara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena industri perfilman global berubah akibat imbas pandemi.

“Akatara 2021 adalah sebuah usaha untuk ikut mendorong kebangkitan industri dan menggulirkan roda ekosistem perfilman Indonesia, juga menjadi ruang bagi stakeholder perfilman untuk bersama menciptakan era normal baru industri film Indonesia,” ujar Vivian.


Baca juga:


Vivian melihat, saat ini kita sedang dalam akselerasi luar biasa menuju dunia yang serba digital, sebuah kondisi ini memang sebenarnya sudah dimulai sebelum pandemi. Tapi pandemi ini membuatnya lebih terakselerasi lagi.

“Sehingga kita merasa ini adalah situasi yang sangat relevan untuk membicarakan seluk beluk ekosistem digital di Indonesia. Terutama bagaimana kita melihat ekosistem digital ini agar para kreator konten dan para pembuat film di Indonesia bisa ikut serta di dalam arus baru ini,” ujar Vivian dalam sebuah webinar Akatara pada 29 Juli 2021.

Program yang ditujukan bagi para pemangku kepentingan di industri perfilman Indonesia ini menerima proyek film di tujuh kategori. Kategori film yang terbuka adalah fiksi panjang, fiksi pendek, dokumenter panjang, dokumenter pendek, animasi panjang, animasi pendek dan serial atau webseries.

Proyek film sebaiknya proyek dalam tahapan pengembangan cerita, pra produksi, produksi paska produksi dan distribusi atau marketing.

Selain itu, proyek film yang didaftarkan ke Akatara 2021 harus tidak dalam sengketa.

Pihak penyelenggara menetapkan, peserta Akatara 2021 berstatus warga negara Indonesia, baik perorangan, organisasi atau perusahaan. Kedua kategori ini memiliki formulir yang berbeda. Calon peserta harus menggunakan formulir pendaftaran sesuai dengan status perorangan atau organisasi.

Pendaftaran Akatara 2021 terbuka bagi para penulis, sutradara atau produser dari proyek film yang didaftarkan. Calon peserta dapat mengirimkan dua proyek film.

Calon peserta yang mendaftar akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran jika sudah menerima salinan formulir melalui surat elektronik (surel). Selama proses pendaftaran, calon peserta hanya akan mendapatkan satu kali peringatan perihal kelengkapan persyaratan. Jika tidak melengkapi syarat pendaftaran sesuai tenggat waktu, calon peserta akan gugur.

Segala bentuk informasi perihal status pendaftaran akan melalui surel yang terdaftar di formulir pendaftaran.

Tertarik? Segera daftarkan diri atau organisasi sebelum 27 September 2021 dengan mengunduh formulir pendaftaran di sini.***(TP)

Sumber & foto: Akatara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *