Alexander-Matius

Alexander Matius: Satu Sudah Membanggakan. Apalagi Dua?

Jakarta, ERKAF.net – Ya! Satu sudah membanggakan. Apalagi dua? Kalimat ini tertuang dalam sebuah postingan Alexander Matius, Direktur Program Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Minggu (19/9) di akun media sosial miliknya.

Ungkapan kebahagiaan dan kebanggaan tampak dari untaian kata dan kalimat Alexander setelah mengetahui dua karya sineas Indonesia meraih dua penghargaan penting di dunia perfilman internasional.

Setelah film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, karya Edwin memenangkan Golden Leopard di Locarno Film Festival pada pertengahan Agustus lalu di Swiss, kini film Yuni, karya Kamila Andini meraih Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, pada Minggu (19/9) di Kanada.

“Akhirnya kita menjadi juara kelas setelah jauh sebelumnya kita bangga menjadi bagian kompetisi dari festival film dunia seperti Pedjuang di Moscow International Film Festival 1961 atau Badai Selatan di Berlin International Film Festival 1962,” ungkap Alexander.


Baca juga:


Maka Alexander pun mengibaratkan tahun ini seperti titik baru dan menarik untuk film fiksi panjang Indonesia. Baginya, dua film memenangkan penghargaan penting di festival yang jendelanya dunia dalam satu kalender sirkuit adalah prestasi yang perlu dicatat.

Menurut Alexander, kemenangan dua karya ini memunculkan optimisme. Namun, catatan Alexander adalah optimisme ini tidak bergerak sendirian.  Sebagai ekosistem yang saling berkolaborasi, film butuh banyak sekali dukungan.

“Sederhana saja, jika film yang dianggap problem ramainya sedemikian rupa, harusnya film yang memaparkan problem juga akan sama atau lebih ramainya,” ujar Alexander.

Alexander merasa bangga dan terharu sebagai “teman, penonton dan orang yang selalu mempertemukan film dengan penontonnya.”

Ia mengingatkan, “Jalan kita masih terus akan panjang. Kita tahu bahwa membangunnya sulit, mempertahankannya lebih sulit, mengembangkannya paling sulit. Mari kita merayakan hari ini dan mulai berbicara lagi soal masa depan.” ***(TP)

Foto: Alexander Matius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *