MIKTI Startup Merdeka

MIKTI Startup Merdeka

MIKTI Cari 200 Mahasiswa S1 Untuk Startup Merdeka

Jakarta, EKRAF.net – Masyarakat Industri Kreatif dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) cari 200 mahasiswa S1 terpilih untuk mengikuti program Startup Merdeka. Program ini merupakan ajang yang dirancang khusus untuk para mahasiswa yang siap menjadi pendiri perusahaan rintisan (startup founder), innovator dan mereka yang ingin menajdi profesional di sektor industri inovatif, seperti telekomunikasi, perbankan, perdagangan, kesehatan dan pendidikan.

MIKTI akan menyeleksi calon peserta untuk menyaring 100 mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa penuh. sedangkan 100 mahasiswa lainnya akan mendapatkan beasiswa parsial. Dengan demikian, penerima beasiswa parsial hanya menanggung sebagian biaya, yaitu sebesar 1.800.000 Rupiah.

Selama 15 minggu, para peserta program Startup Merdeka akan pelajari metode inovasi global serta menerapkannya. Metode inovasi yang dipelajari tentunya terkait tiga aspek penting dala inovasi, yaitu aspek pengguna, bisnis, dan teknik atau produksi.

Sebagai sebuah program studi mandiri bersertifikat, Startup Merdeka menyediakan sertifikat Merdeka Belajar yang setara dengan 20 SKS.

Startup Merdeka akan berlangsung dalam dua tahap, yaitu tahap studi independen bersertifikat dan tahap kewirausahaan.

Pada tahap pertama, para mahasiswa akan pelajari materi dalam empat tahap, yaitu tahap inspirasi dan formulasi ide, tahap analisis pasar, tahap validasi dan tahap pengembangan produk. Sedangkan di tahap kedua, para mahasiswa sudah masuk tahap kewirausahaan.

MIKTI telah menyiapkan sejumlah mentor yang merupakan praktisi di industri inovatif berbasis teknologi. Mereka adalah CEO PT. Barapraja & Managing Partner Angel.ID Indra Purnama, Founder & Chairman Jala Tech, CEO Indmira Aryo Wiryawan, CEO PT. Jejala Pararta International and CTO PT. Ayomobile Dibya Pradana, Founder & CEO Labtek Indie Seterhen Akbar Suriadinata, Founder & CEO Bizlab Aditya D. Putra, IT Product Manager Logol, Scrum Master – Labtek Indie Steven Yuwono, Co-Founder Andromedia Zaenal Arifin, Co-Founder Andromedia Anisa Putri, Co-Founder Andromedia Alvan Zaputra, Co Founder & CCO Sahaware Hadi Santoso, Product Manager Halofina Hilmy Hanif.

Selain mereka, MIKTI juga menggandeng para tokoh inovasi teknologi nasional, seperti Director, Bussiness Incubator at SBM ITB Dina Dellyana, President Director at PT Gamatechno Indonesia M. Aditya Arief Nugraha, CEO Teknopreneur Muhammad Andy Zaky, CEO PT Smart Meter Indonesia St. Andika Sutedjo, Founder dan CEO PT. Tritronik Jeffrey Samosir, CTO Touringsense sekaligus Founder Logika Interactive Bullitt Sesariza, Direktur Digital PT. Bank BRI Indra Utoyo, CEO PT. Paragon Technology & Innovation Salman Subakat, Direktur BRI Venture William Gozali, Senior VP Digital PT. Telkom Joddy Hernady, Founder PT. Mandiri Mitra Informatika sekaligus Deputi BEKRAF & Kemenpar (2015-2021) Hari Sungkari, CEO Agate Arief Widhiyasa.

Calon peserta Startup Merdeka akan menjalani tahap seleksi yang berlangsung pada 18–23 Agustus 2021. Program Startup Merdeka mulai berjalan pada 1 September –15 Desember 2021. 

Untuk mengikuti program ini, tidak ada syarat khusus untuk program studi tertentu. Startup Merdeka terbuka bagi mahasiswa dari berbagai program studi. Namun pihak MIKTI akan mengutamakan mahasiswa yang telah menyelesaikan enam semester masa perkuliahan.

Jika kamu berminat namun hanya seorang diri dan belum memiliki rekan kerja, kamu tidak perlu khawatir. MIKTI tidak mewajibkan pendaftar memiliki tim dan atau ide, produk atau bisnis inovatif.

Namun peserta akan lebih mudah mencapai hasil akhir yang diharapkan jika telah membentuk tim dan punya inspirasi ide, produk atau bisnis yang inovatif dan potensial untuk dikembangkan.

Jika pendaftar sudah memiliki tim, MIKTI menyarankan agar setiap anggota tim mengisi formulir pendaftaran secara terpisah. Bagi pendaftar yang belum memiliki tim dan atau ide bisnis, MIKTI akan menyediakan sesi khusus yang memungkinkan pendaftar menemukan rekan dan ide bisnis yang sesuai.

Tertarik? Segera daftarkan dirimu sebelum 10 Agustus 2021 di sini. ***(TP)


Baca juga:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *