Jogja-Art-Weeks-2021

Pendaftaran Open Call Jogja Art Weeks Special Projects 2021 Masih Terbuka!

Jakarta, EKRAF.net – Jogja Art Weeks masih membuka pendaftaran Open Call Program Fasilitasi Jogja Art Weeks Special Projects 2021. Ajang ini menjadi peluang emas bagi para seniman muda, khususnya yang masih menempuh jenjang pendidikan S1 di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

“Kami merasa tidak sedikit dari teman-teman dalam jenjang tersebut yang masih membutuhkan bantuan dan pendukungan, seperti ruang untuk mempresentasikan karya dan gagasannya maupun ruang untuk memperdalam karakter baik dari sisi kekaryaan maupun praktik kerja manajerialnya,” ujar Dananjaya, Media Relations Jogja Art Weeks dalam keterangannya kepada EKRAF.net, Senin (21/6/2021).

Perihal lokasi dan asal seniman muda , Dananjaya juga menjelaskan bahwa Open Call ini terbuka bagi seniman muda dimanapun berada karena seniman muda yang tinggal di DI Yogyakarta juga berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Alasan kenapa kemudian program ini berfokus ke seniman muda yang berdomisili di DI Yogyakarta adalah karena jika nantinya mereka lolos, aktivitas-aktivitas seperti pendampingan, workshop, pengarahan venue, hingga penyelenggaraan pameran akan dilakukan di wilayah DI Yogyakarta,” kata Dananjaya.

Sejak pertama kali dihadirkan pada 2020 dan sampai tahun ini, program Special Project didukung oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY.

Melalui ajang Jogja Art Weeks, penyelenggara bercita -cita dapat mendekatkan seni kepada publik dengan sedekat-dekatnya. 

Untuk itu sejak tahun 2020,  Jogja Art Weeks menghadirkan Program Special Project sebagai sebuah program pemberdayaan pelaku seni pendatang baru.

“Melalui program ini, harapannya adalah Jogja Art Weeks dapat menyediakan ruang presentasi alternatif bagi para seniman muda (khususnya yang masih menempuh jenjang pendidikan S1 di wilayah DI Yogyakarta,” ungkap Danarjaya.

Selain itu, Jogja Art Weeks juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas mutu dan karakter dalam segi kekaryaan dan praktik kerja manajerial.

Harapan lainnya adalah tumbuhnya art space dan ruang presentasi alternatif di wilayah baru di DI Yogyakarta yang memang belum atau jarang ditemui adanya penyelenggaraan pameran.

Untuk dapat mengikuti Open Call yang didukung oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DI Yogyakarta ini, kamu hanya memerlukan rencana pameran, atau bahkan jika telah memiliki tim, program, karya dan konsep penyelenggaraan pameran.

Melalui Open Call ini, kamu akan berpeluang mendapatkan kesempatan kolaborasi bersama Jogja Art Weeks 2021!

Pihak penyelenggara akan menyeleksi seluruh proposal dan memilih lima proposal terbaik. kelima proposal terpilih ini akan mendapatkan dukungan dana operasional untuk selenggarakan pameran dan mendapatkan lokakarya serta pendampingan dari Liberates Creative Colony.

Kalau kamu merasa rencana pameranmu sudah oke, buruan daftarkan proposal pameranmu di link ini sebelum 24 Juni 2021 *** (TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *