program LBEC

program LBEC

Kemendag Cari Calon Pelatih dan Pendamping Program LBEC!

Jakarta, EKRAF.net – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencari calon pelatih (trainer) dan pendamping (coach) program Local Business Export Coaching (LBEC) periode 2020–2024.

Perekrutan dalam program ini bertujuan meningkatkan kapasitas para calon pelatih dan pendamping dalam membina para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melakukan ekspor ke pasar Eropa serta mengembangkan bisnis produk dekorasi rumah.

Calon pelatih dan pendamping terpilih akan mendapat bimbingan dari tenaga ahli Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda. Hal ini bertujuan agar mereka memiliki kemampuan menuntun perusahaan sesuai standar CBI Belanda dan memenuhi kriteria yang ditentukan oleh kelompok kerja.

“Selanjutnya, pelatih dan pendamping akan diberikan modul pembelajaran mengenai export marketing planning, integrating sustainable design, market access requirement, market intelligence, effective trade fair participation, corporate social responsibility (CSR), dan coaching skills,” kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan dalam kegiatan sosialisasi  program ini secara virtual, Senin (22/2) lalu.

Para pelatih dan pendamping akan mendapatkan sertifikat dari CBI setelah mengikuti program LBEC.

Program LBEC 2020–2024 sektor dekorasi rumah Indonesia merupakan program kerja sama antara Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (HIMKI), Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta didukung CBI Belanda.

Program ini bertujuan melakukan pembinaan terhadap perusahaan bidang dekorasi rumah Indonesia yang tertarik dan memiliki kapasitas ekspor ke pasar Eropa.

Produk yang memenuhi syarat adalah produk dekorasi rumah unik berbasis serat dan kayu alami (termasuk furnitur kecil).

Untuk kelancaran program LBEC ini, telah terbentuk kelompok kerja (pokja) LBEC. Pokja LBEC ini sedang melakukan rekrutmen calon pelatih dan pendamping yang masing-masing sejumlah 20 orang. Nantinya, mereka akan membina 35 pelaku usaha dekorasi rumah.

Pihak penyelenggara juga telah menentukan sejumlah syarat bagi mereka yang teratarik menjadi pelatih dan pendamping di program LBEC 2020–2024, yaitu pegawai Kemendag, Kemenperin, Kemenparekraf, HIMKI atau Dekranas. Selain itu, calon pelatih dan pendamping juga harus punya motivasi dan komitmen mengikuti program dengan baik, memiliki pengetahuan praktis yang sesuai untuk pengembangan usaha atau pelatihan. Calon pelatih dan pendamping juga harus memiliki pengalaman mengelola sumber daya manusia dan berpengalaman di bidang pelatihan dan pendampingan.  

Kamu tertarik? Segera daftarkan diri sebelum 28 Februari 2021 dengan klik di sini.***(TP)

Sumber: Kemendag.

Foto: Unsplash


Baca juga:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *