FESMI

FESMI

FESMI Buka Pendaftaran Anggota. Begini Cara Daftarnya!

Jakarta, EKRAF.net – Federasi Serikat Musisi Indonesia  (FESMI) mengajak musisi Indonesia untuk bergabung ke dalam organisasi yang beranggotakan tujuh serikat musisi, yaitu Serikat Musisi Indonesia (SMI) DKI Jakarta, SMI Banten, SMI Jawa Barat, SMI Jawa Tengah, SMI Jawa Timur, SMI Sumatera Utara, dan SMI Kalimantan Timur.

Ajakan ini berlaku bagi para musisi yang wilayah kerjanya berada di provinsi-provinsi tersebut dan belum menjadi anggota organisasi musisi manapun.

Sebagai organisasi yang menaungi serikat musisi, FESMI menyediakan ruang untuk beragam usaha pemberdayaan, perlindungan profesi musisi.

Dengan mendaftarkan diri sebagai anggota, para musisi akan mendapatkan dua pilihan iuran yang disertai fasilitas yang berbeda. Paket A berupa iuran bulanan sebesar 20 ribu Rupiah. Anggota yang memilih paket ini akan mendapatkan akses konsultasi dan informasi hukum bersama tim relawan hukum FESMI melalui situs, pengunduhan gratis template kontrak kerja sama yang bisa menjadi acuan untuk dipelajari atau diberikan kepada calon klien di masa depan jika dibutuhkan.

Selain itu, tersedia pula paket B dengan iuran sebesar 50 ribu Rupiah perbulan. Paket ini menyediakan fasilitas yang lebih banyak dari paket A. Anggota yang memilih paket B praktis akan mendapatkan fasilitas paket A ditambah fasilitas lain, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) (uang tersalur), tertanggung sampai sembuh jika terjadi kecelakaan saat bekerja jika termasuk kondisi ruda paksa menurut BAP; Jaminan Kematian (JKm) (uang tersalur) berupa 10 juta Rupiah santunan pemakaman, 42 juta Rupiah flat santunan keluarga.

Tidak hanya itu saja. Fasilitas juga mencakup keluarga, seperti penanggungan biaya pendidikan anak hingga kuliah untuk 2 anak di usia sekolah. Fasilitas ini berlaku khusus bagi anggota yang masa iuran keanggotaannya telah berusia 3 tahun atau lebih.

Anggota yang memilih paket B juga mendapakan Jaminan Hari Tua (JHT) (uang tersimpan) sejumlah 20 ribu  Rupiah perbulan x lama iuran + 7% bunga pertahun. Ini hanya berlaku untuk usia di bawah 60 tahun melalui program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian anggota SMI FESMI di paket B terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut ini adalah cara mendaftarkan diri di FESMI:

Pertama, buka situs fesmi.id dan klik tombol Login/ Sign Up.

Kedua, klik tombol Register di pojok kanan atas untuk mendaftar menjadi anggota baru.

Ketiga, isi data yang dibutuhkan. Perihal “Wilayah Kerja/ Asal Serikat”, yang dimaksudkan adalah daerah di mana Anda paling bekerja sebagai musisi, bukan daerah domisili. Hal ini akan menentukan Anda tergabung di serikat yang sesuai dan efektif. “Asal Serikat” ini bagi Anda yang sudah terlebih dahulu mendaftar atau menjadi anggota serikat yang tergabung di FESMI. Setelah mengisi data, klik tombol Register.

Keempat, kembali masukkan surat elektronik (surel) dan pasword yang sudah diregister, lalu klik Log in.

Kelima, klik tombol Daftar dan isi data yang diperlukan di halaman berikutnya. Pilihlah juga paket keanggotaan dan sediakan file foto KTP untuk diunggah. Klik Submit Form setelah selesai mengisi seluruh data.  

Keenam, lakukan pembayaran iuran dengan pilihan yang ada sesuai kebutuhan, kemampuan, dan keinginan untuk menjadi anggota dan mendukung organisasi. Tersedia pilihan antara 1 bulan hingga 1 tahun sekaligus. Sistem akan menginformasikan jika masa berlaku akan habis dan memberikan pilihan untuk memperpanjang masa berlaku. Setelah pembayaran, simpan dan unggah bukti pembayaran. Di sini, anda diminta cermat memilih pilihan yang seusai dengan jumlah pembayaran dan masa keanggotaan. Jika selesai, klik Upload.

Ketujuh, pihak FESMI akan lakukan pemeriksaan dan validasi pendaftaran. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat memeriksa secara berkala di situs FESMI. Jika keanggotaan telah aktif, maka seluruh fitur dan pelayanan keanggotaan akan muncul di dashboard keanggotaan di situs. Kartu keanggotaan FESMI dapat diunduh. Sedangkan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan secara terpisah melalui surat elektronik.

Satu yang ditekankan pengurus FESMI, bahwa keanggotaan FESMI adalah serikat atau organisasi. bukan perorangan. Dengan demikian, para musisi yang dapat mendaftar hanyalah mereka yang di wilayah kerjanya sudah terdapat serikat atau organisasi musisi dan telah bergabung dengan FESMI.

Jika belum ada serikat atau organisasi, maka FESMI menyarankan agar Anda mengumpulkan rekan sesama musisi yang memiliki visi dan kepedulian yang sama untuk membentuk organisasi. Kemudian, bergabung dengan FESMI.

Sedangkan bagi Anda yang sudah bergabung dengan serikat atau organisasi namun belum bergabung dengan FESMI, dapat segera berkomunikasi dengan pengurus organisasi setempat dan bergabung dengan FESMI.

Tertarik? Segera klik di sini. *** (TP)

Sumber: FESMI

Foto: Unsplash


Baca juga:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *