Subsektor ekonomi kreatif

Subsektor Ekraf Ini Akan Cuan di Tahun Kerbau Logam

Jakarta, EKRAF.net – Hampir semua subsektor ekonomi kreatif akan menjalani peluang yang lebih baik atau beruntung dari tahun sebelumnya di tahun kerbau logam. Sedangkan subsektor yang harus berupaya lebih keras hanyalah subsektor fashion.

Melalui keterangan yang diberikan kepada EKRAF.net, pakar Fengshui Mauro Rahardjo menjelaskan, subsektor fashion akan mengalami banyak tantangan karena tergolong unsur api. Sedangkan subsektor film, televisi, radio, musik, periklanan dan aplikasi yang termasuk unsur air akan memiliki peluang yang baik. Serupa dengan subsektor yang tergolong unsur api, subsektor pengembang permainan (games), arsitektur, desain interior, seni rupa, desain produk, kuliner, fotografi, desain komunikasi visual, kriya, seni pertunjukan dan penerbitan juga akan mendapatkan banyak cuan lantaran tergolong unsur kayu.

Mauro juga menguraikan, tahun 2021 merupakan tahun kerbau emas. Kerbau sendiri mengandung unsur tanah.

“Maka secara teoritis, kita mendapatkan dua unsur di tahun ini, yaitu logam atau emas, dan tanah dari shio kerbau,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mauro memaparkan, unsur logam mengendalikan unsur kayu. Sedangkan unsur tanah mengendalikan unsur air. Dengan demikian, unsur kayu dan air merupakan simbol kemakmuran di tahun 2021.

“Oleh karena itu bidang karir dan bisnis yang ada peluang berjalan baik adalah bidang air dan kayu. Sedangkan karir dan bisnis yang tinggi tantangannya adalah bidang api,” kata Mauro.*** (TP)

Foto; Unpslash


Baca juga:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *