Tour de Bintan, Kemenparerkaf

Tour de Bintan

Ada Peluang Travel Bubble, Anton Thedy: Semua Usaha Harus Dicoba

Jakarta, EKRAF.net – Selama Covid–19 belum bisa diatasi, maka perlu dicoba semua usaha yang bisa dilakukan untuk mulai menggerakkan industri pariwisata meski terbatas di wilayah tertentu. Demikian respons Anton Thedy, salah seorang praktisi industri pariwisata Indonesia, terhadap peluang travel bubble bagi turis Singapura di sejumlah wilayah Indonesia.

Pada kesempatan berbeda, Rabu (20/1/2021), melalui rilis pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan peluang travel bubble bagi turis Singapura kepada Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

“Semua opsi harus dicoba. Kalau tidak dicoba, tidak tahu juga hasilnya,” ujar Anton.

 Lebih spesifik, Anton memaparkan lokasi paling potensial untuk travel bubble bagi turis Singapura, yaitu Bintan Utara. Menurutnya, wilayah ini adalah opsi yang paling mungkin dan paling aman.

 “Bali agak besar, sulit diisolasi. Bintan Utara bisa diisolasi,” kata Anton.

Ia menjelaskan, akses ke Bintan Utara dari Singapura sudah bagus, nyaman dan murah. Sebagai praktisi industri pariwisata, Anton juga mengakui tidak banyak turis Indonesia yang datang ke Bintan Utara karena biaya yang mahal dan akses dari bandara terdekat lebih dari satu jam perjalanan.

Lebih lanjut, Anton juga memberikan catatan sekaligus prasyarat untuk menjadikan Bintan Utara sebagai lokasi travel bubble turis Singapura. Menurutnya, wilayah itu harus steril dari Covid–19 dan semua orang yang hendak masuk ke sana harus menjalani tes PCR secara ketat.

“Jadikan Bintan sebagai daerah yang tertutup dalam arti tidak ada lalu lintas penduduk ke daerah wisata Bintan Utara ini. Setiap yang mau masuk harus jalani tes PCR. Bintan Utara ini memungkinkan diisolasi, disterilkan karena akses masuknya sudah ada dari Singapura yang sangat nyaman,” ujar Anton. *** (TP)

Foto: Kemenparekraf/ Yogi Wirawan


Baca juga:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *