Kamar mandi

Kamar mandi

Kamar Mandi is a Wonderland!

Reza W. Martunus*


Tentunya kita sudah sering mendengar, bahkan mengalami sendiri, istilah “penyanyi kamar mandi” atau “mencari inspirasi/ide” di kamar mandi. Artinya kamar mandi sebenarnya memiliki peran penting sebagai sarana stress release selain fungsi utamanya sebagai sarana sanitasi.

Jadi gak ada salahnya kalau kita desain kamar mandi sekeren mungkin. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kamar mandi jadi tempat paling inspiratif bagi kamu.

1.Fungsional

Kamar mandi yang baik tentunya harus dapat menampung semua kegiatan dan kebutuhannya, antara lain: mandi, buang air, dan berbasuh. Dahulu kamar mandi di Indonesia rata-rata menggunakan closet jongkok dan bak mandi. Penggunaan bak mandi mungkin terasa tradisional. Ibarat belum makan kalau belum ketemu nasi,  mandi jebar-jebur masih memiliki sensasi yang tersendiri bagi orang Indonesia. Barangkali sensasi jebar jebur inilah yang menjelaskan mengapa banyak orang Indonesia yang menambahkan pot tembikar sebagai bak mandi, meski sudah menggunakan shower.

Saat ini, kamar mandi lebih banyak menggunakan closet duduk dan shower yang juga dipercaya lebih hemat air sebab penggunaannya “sak karepmu” alias manageable. Peralatan kamar mandi lainnya adalah washtafel (lavatory) dan shower. Untuk kamar mandi yang besar, tergantung kebutuhan dan kebiasaan, digunakan juga bathtub, bahkan whirlpool/jacuzzi untuk merendam seluruh badan.

2. Aman

Bahaya umum di kamar mandi adalah terpeleset. Kamar mandi saat ini cenderung kering. Kondisi basah hanya ada di area shower dan itupun dibatasi partisi kaca, pintu atau tirai. Area lain di kamar mandi tetap harus mengantisipasi adanya air. Lantai bertekstur pasir atau batu yang kasar belum tentu anti licin. Yang perlu diperhatikan justru tekstur yang “keset” atau biasanya dikenal sebagai tekstur “mat finished”.

Kita juga sering mendengar kasus pingsan di kamar mandi. Ini dipercaya sebab tekanan udara. Untuk masalah ini yang tidak kalah penting adalah penggunaan grab bar, apalagi jika ada pengguna lansia atau yang sedang sakit. Grab bar biasanya dipasang di area closet, shower (biasanya sekaligus menjadi handle pintu shower dan gantungan handuk/ pakaian). Sebaiknya juga ada di dekat pintu sebagai sarana merambat atau pegangan jika terjadi sesuatu. Lebih aman jika arah bukaan pintu ke arah luar. Tujuannya agar mudah dibuka/ dibongkar sebab seringkali tubuh orang yang pingsan menghalangi pintu sehingga sulit dibuka.

3. Sehat

Sirkulasi udara penting untuk menjaga kelembaban dan tekanan udara di dalam kamar mandi. Lembab akan menjadi kultur bagi jamur dan mikroba serta mengakibatkan tekanan udara yang ekstrim. Pencahayaan alami baik untuk kesehatan di kamar mandi. Selain untuk penerangan dan menghemat energi, sinar matahari memiliki kandungan UV (ultra violet) yang akan membunuh kuman, bakteri, dan mikroba lainnya. Maka penting sekali kamar mandi memiliki bukaan ke udara terbuka untuk mendapatkan sirkulasi fresh air dan cahaya alami.

4. Nyaman

Kenyamanan di kamar mandi berkaitan dengan seberapa terorganisirnya isi kamar mandi.  Untuk itu diperlukan penataan yang apik. Berikut ini beberapa tips menata kamar mandi:

Washtafel

Tempat yang paling sering kita mondar-mandir. Posisinya sebaiknya straight forward, diletakkan di tengah atau hal pertama yang kita temui ketika pintu kamar mandi dibuka. Yang perlu diperhatikan adalah ruang ketika kita berdiri dan sirkulasi, 80-100 cm adalah lebar minimal yang disarankan.

Closet

Sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan pintu dan tidak terlihat ketika pintu kamar mandi dibuka. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan posisi toilet, misalnya dalam Islam, toilet tidak boleh menghadap atau membelakangi arah kiblat. Sedangkan dalam pandangan feng shui, tidak boleh menghadap arah jalan utama. Ukuran akan tergantung spesifikasi closet yang digunakan, tapi paling tidak berikan jarak bebas 20 cm di sisi kiri dan kanan, dengan begitu kita memiliki ruang gerak yang cukup saat menggunakan atau saat membersihkan closet.

Closet adalah tempat menghabiskan waktu paling lama, maka bayangkan di closet sambil membaca koran atau majalah dengan pemandangan taman, tentu sangat menyenangkan.

Shower

Yang perlu diperhatikan sebenarnya lebih teknis, seperti kemiringan lantai yang harus tidak terasa tapi cukup mengalirkan air ke arah floor drain sehingga tidak terjadi genangan dan tidak licin. Detil kecil yang dilupakan, bahkan bagi seorang arsitek, dalam menata area shower adalah lubang atau pijakan kecil di bawah shower, itu sebenarnya adalah pijakan kaki yang berguna ketika menyabuni badan terutama bagian kaki. Saat ini jarang yang memahami detil kecil ini.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah berapa sih tinggi shower yang pas? Kita dapat menggunakan patokan posisi keran sekitar 90-100 cm atau posisi pancuran di 180-200 cm dari lantai. Posisi pancuran yang terlalu tinggi akan terasa tidak nyaman. Untuk panjang ruang shower lebih fleksibel, yang perlu diperhatikan adalah lebarnya. Disarankan minimal 1,2 meter. Untuk ruang shower yang cukup besar bisa menggunakan tempat duduk seperti bench. Jika memungkinkan bisa juga dihadirkan sensasi outdoor shower, dengan catatan, pastikan tidak ada yang dapat mengintip anda saat mandi.

Bathtub

Bathtub atau whirlpool/jacuzzi biasanya memiliki fungsi lebih ke arah menghibur diri. Bukan sesuatu yang prinsip tapi memiliki nilai lebih. Oleh karena itu penempatannya akan memiliki pertimbangan khusus, misalnya pandangan ke arah taman, bahkan menyatu dengan kolam renang, kolam pantul, atau kolam ikan.

Ruang Termahal di Rumah

Dengan sejumlah pertimbangan di atas, anda bisa mengerti kenapa kamar mandi dianggap sebagai ruang yang paling mahal dari sebuah rumah. Sebuah kamar mandi tidak perlu besar atau mewah. Sebenarnya cukup memenuhi persyaratan-persyaratan di atas maka anda akan mendapatkan kamar mandi yang baik dan menyenangkan.***


* Reza W. Martunus, seorang arsitek profesional yang terdaftar secara resmi di Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan sukses meraih IAI Ward (2002). Ia juga pernah masuk nominasi Aga Khan Award di bidang arsitektur. Kini Reza menjalani lakon sebagai Direktur DOMA.


Baca juga:




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *