Dicari: Studio Animasi yang Mau Ikut Asian Animation Summit 2020

Dicari: Studio Animasi yang Mau Ikut Asian Animation Summit 2020

Dicari: Studio Animasi yang Mau Ikut Asian Animation Summit 2020!

Jakarta, EKRAF.net – Situasi di tengah pandemi bukan alasan untuk tidak produktif. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah membuka jalan bagi studio animasi dari Indonesia untuk berkreasi dan berkembang di tingkat Asia, yaitu di Asian Animation Summit 2020.

Kemenparekraf sudah membuka pendaftaran bagi seluruh studio animasi di Indonesia untuk mengambil kesempatan terbaik tahun ini. Pendaftaran untuk seleksi dibuka sejak 14 April 2020 hingga 9 Juni 2020.

Bagi studio animasi terpilih, nantinya akan mendapatkan fasilitas persiapan untuk mengikuti pitching forum industri animasi terbesar di Asia, Asian Animation Summit 2020, yang akan diadakan di Bali, Indonesia, pada 18–20 November 2020.  

Fasilitas di Asian Animation Summit 2020

Kamu akan mendapatkan kelas mentoring dan biaya pendaftaran Asian Animation Summit 2020. Selain itu, Kemenparekraf juga akan menanggung biaya perjalanan pulang pergi Jakarta – Bali beserta akomodasi bagi peserta.   

Studio animasi cukup mengirim series bible via surat elektronik ke alamat dit.aksespembiayaan@kemenparekraf.go.id.

Series bible yang dikirim harus memenuhi sejumlah kriteria, seperti karakter utama dan pendukung. Selain itu harus ada desain lokasi utama, skrip cerita berbahasa Inggris untuk, minimal, enam episode dalam format pdf. Ukuran file yang dikirim tidak lebih dari 10 MB.


Baca juga:


Selain itu, studio animasi juga harus mengirimkan informasi individu presenter dan jabatan dalam proyek. Ketentuan lainnya, tentu saja, presenter proyek harus mampu berbahasa Inggris aktif dan piawai dalam presentasi.

Kamu dapat memilih salah satu dari dua pilihan series bible, yaitu showcase dan development. Mengenai kedua pilihan ini, informasi lengkapnya tersedia di https://aas.kidscreen.com/2020/showcase/ dan https://aas.kidscreen.com/2020/development/.

Jika series bible kamu terpilih, maka wajib mengikuti sejumlah ketentuan.

Ini ketentuannya

Studio animasi harus bersedia mengikuti kelas mentoring dan menerima masukan untuk peningkatan kualitas proyek. Selain itu, studio animasi juga bersedia melaporkan kemajuan dari investasi proyek animasi yang telah/ sedang diterima (jumlah dan sumber) hingga dua tahun setelah masa pendukungan Kemenparekraf.

Bagi proyek animasi yang sudah didaftarkan, pihak Kemenparekraf akan memilih lima proyek showcase dan dua proyek development.

Dari jumlah proyek terpilih tersebut, Kemenparekraf akan fasilitasi dua presenter untuk setiap proyek showcase dan satu presenter bagi setiap proyek development.

Jadi, kalau studio animasi kamu memang keren, ini saatnya kamu tunjukkan karya terbaik untuk Indonesia! ** (TP)

Ilustrasi: Kemenparekraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *