Program Beli Kreatif Lokal: Cara Kemenparekraf Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Program Beli Kreatif Lokal: Cara Kemenparekraf Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Program Beli Kreatif Lokal Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Jakarta, EKRAF.net – Memasuki pertengahan April, DKI Jakarta telah menegaskan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah mendapat restu dari Kementerian Kesehatan.

Praktis semua kegiatan perekonomian yang berbasis pada sentuhan fisik terkena dampak serius, tak terkecuali para pelaku ekonomi kreatif.

Melihat kondisi demikian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan program khusus bagi para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodetabek).

Program yang diberi nama Beli Kreatif Lokal ini menyasar para wirausahawan yang berbisnis di subsektor kuliner, fashion dan kriya.

“Program ini merupakan penguatan usaha ekonomi kreatif di tengah pandemi. Dalam pelaksanaan program Beli Kreatif Lokal, kami menjalin kerja sama dengan mitra dari platform marketplace dan transportasi,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (12/4/2020).


Baca juga:


Program Beli Kreatif Lokal ini merupakan program yang menggunakan sistem seleksi terbuka. Tujuannya adalah mendukung para pelaku ekonomi kreatif di subsector kuliner, fashion, dan kriya agar mampu meningkatkan omset penjualan.

Kemenparekraf akan membuka kesempatan ini bagi 500 pengusaha terpilih dari hasil seleksi terbuka. Program Beli Kreatif Lokal akan berlangsung selama enam bulan, yaitu dari Juni hingga Desember 2020.

Jika tertarik, inilah syaratnya adalah lokasi usaha harus berada di wilayah Jabodetabek, akun media sosial tidak boleh di mode private. Selain itu, jumlah pengikut (follower) di media sosial tidak boleh lebih dari 10 ribu pengikut.

Sudah cocok dengan syarat itu? Kalau sudah, daftarkan usaha anda ke link ini: bit.ly/BeliKreatiflokal_form. Pertanyaan lebih lanjut, bisa kirimkan pertanyaan anda ke belikreatiflokal@kemenparekraf.go.id atau nomor whatsapp 081382376126. Pendaftaran ini gratis dan dibuka dari April hingga Mei 2020.*** (TP)

Foto: Unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *