Seniman

Seniman

Koalisi Seni: Tiga Solusi Untuk Ekosistem Seni di Tengah Pandemi

Jakarta, EKRAF.net – Hingga memasuki awal April 2020, kondisi sosial dan ekonomi di Indonesia belum pulih dari wabah corona. Berbagai bidang kehidupan terkena imbasnya, tak terkecuali bidang seni.

Koalisi Seni, melalui siaran persnya, Kamis (2/4/2020), mengajak pemerintah dan swasta mendukung ekosistem seni di tengah pandemi corona.

Tentang dukungan ini, Koalisi Seni menawarkan tiga solusi yang dapat dilakukan pemerintah bersama swasta bagi ekosistem seni.

Pertama, memudahkan seniman agar tetap dapat memproduksi karya. Untuk itu, perlu dipastikan infrastruktur digital dalam kondisi prima agar seniman dapat bekerja secara daring, serta memudahkan seniman mengakses ruang pertunjukan milik pemerintah maupun swasta untuk kebutuhan produksi. Selain itu, akses bahan baku produksi karya perlu dipermudah agar seniman dapat bekerja di rumah.

Kedua, publik harus dimudahkan mengakses karya seni dengan memastikan akses berupa infrastruktur digital yang baik dan terjangkau. Pemerintah juga dapat menangguhkan atau mengurangi pajak seperti Pajak Hiburan dan Pajak Pertambahan Nilai bagi transaksi karya seni, agar daya beli masyarakat terjaga.

Ketiga, menekan kerugian yang harus ditanggung seniman akibat pembatalan dan penundaan kegiatan seni.

“Pemerintah maupun swasta dapat menangguhkan atau mengurangi biaya sewa bagi kegiatan seni yang dibatalkan atau ditunda di infrastruktur miliknya, serta tidak membatalkan pembayaran program seni yang telah dipersiapkan. Selain itu, pemerintah bisa juga memberikan insentif pajak dan retribusi bagi usaha di bidang seni yang terdampak wabah covid-19,” ujar Hafez Gumay, Koordinator Advokasi Koalisi Seni.

Ketiga solusi ini dapat menjadi bentuk nyata pemerintah dan swasta dalam merawat ekosistem seni di masa sulit seperti ini. Meski bukan kebutuhan primer, namun seni dapat menumbuhkan dan memelihara kelentingan atau daya lentur masyarakat dalam menghadapi krisis.

“Bantuan untuk seni akan membantu masyarakat bertahan di tengah pandemi, sehingga turut mengurangi beban di pundak pihak lain,” demikian penjelasan Kusen Alipah Hadi, Ketua Pengurus Koalisi Seni, tentang relevansi bantuan bagi ekosistem seni. ***( TP)


Foto:  Geronimo Giqueaux on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *