#dirumahaja? Yuk, Ikut Lomba Tari Virtual!

Jakarta, EKRAF.net – Dua minggu terakhir masyarakat harus membiasakan diri menjaga jarak dalam berinteraksi dan membatasi aktivitas di luar rumah. Namun apakah ini berarti hanya berdiam diri?

Tidak.

Ajakan untuk tetap produktif di tempat tinggal bukan hanya monopoli para pekerja dan anak sekolah. Melalui media sosial di Instagram dan kanal di Youtube, akun @kratonjogja.event mengajak para pecinta tari tradisional Indonesia untuk ikut lomba tari virtual Beksan Nir Corona.

Seperti dilansir dari publikasi di akun Instagram, lomba ini dilakukan dalam rangka Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem (Ulang Tahun Kenaikan Tahta) ke-32 Sri Sultan Hamengku Buwono X menurut perhitungan kalender Jawa.

Lomba tari virtual Beksan Nir Corona ini merupakan persembahan KH Kridhomardowo.

Melalui kanal Kraton Jogja di Youtube, pihak penyelenggara menjelaskan, lomba tari virtual ini adalah salah satu cara untuk tetap berkesenian dan nguri nguri budaya ketika harus #dirumahaja.

Dengan video contoh tarian di akun Instagram penyelenggara, para calon peserta dapat meniru dengan mudah dan jelas setiap gerakan yang dilombakan, terutama gerakan mencuci tangan, seperti yang dianjurkan pemerintah.

Tarian ini dapat diikuti oleh peserta lelaki dan perempuan dengan gerakannya masing masing. Khusus untuk peserta perempuan, disarankan untuk menggunakan sampur atau selendang lantaran ada gerakan yang memerlukan sampur.

Pihak penyelenggara hanya akan menilai keseruan atau gayeng dan kreativitas peserta yang berjumlah minimal dua orang dalam membuat video. Bukan bagus atau tidaknya gerakan dan kualitas video.

Video yang telah dibuat sebaiknya diunggah dan ditayangkan di akun Instagram salah satu peserta. Bagian keterangan konten, peserta diwajibkan menulis tagar #naridirumahaja dan #BeksanNirCorona. Jangan lupa, mention  @kratonjogja.event.

Kalau kamu tertarik untuk ikut serta lomba tari virtual ini, segera tonton video tutorialnya, latihan, rekam aksi tari kamu dan unggah, tayangkan di akun Instagram kamu sebelum Kamis (2/4/2020), pk. 23.59 WIB. *** (TP)

Foto: @kratonjogja.event

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *