Empat Cara Seniman Tetap Produktif Meski Siaga Corona

Empat Cara Seniman Tetap Produktif Meski Siaga Corona

Pemerintah pusat telah menyatakan Indonesia dalam status bencana nasional, pada Sabtu (14/3/2020). Bagaimana seniman tetap produktif dalam situasi seperti ini?

Jakarta – Berita perihal virus corona di Indonesia telah menyedot perhatian publik. Bahkan Sabtu (14/3/2020) lalu, pemerintah pusat telah menyatakan Indonesia tengah mengalami  bencana nasional. Masyarakat diminta untuk membatasi kegiatan luar rumah yang melibatkan kerumunan orang dalam jumlah banyak. Sejumlah instansi dan perusahaan swasta telah membuat kebijakan bagi karyawannya untuk bekerja di rumah. Sekolah – sekolah di DKI Jakarta diliburkan.

Lalu bagaimana dengan para seniman dan penikmat seni menyikapi situasi saat ini?

Koalisi Seni dan Kami Musik Indonesia (KAMI) merilis cara untuk menyikapi situasi ini di akun Instagram mereka.

Bagi para seniman, ada empat hal yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan kemampuan seni yang dimilikinya untuk menyebarkan informasi yang benar tentang virus corona (COVID – 19) dan menyemangati sesama. Lihatlah video yang sedang viral dari Italia, yaitu  penyanyi opera yang menyanyi di balkon apartemennya.

Kedua, pindahkan kegiatan seni sebisa mungkin ke platform daring (online). Misalnya, tampilkan karya di Patreon atau Karyakarsa, tawarkan lokakarya/ gigs daring, jual karya dan merchandise via internet, kumpulkan dana untuk kegiatan mendatang lewat Kolase atau Kickstarter.

Ketiga, dukung seniman lain dengan menanyakan kabar dan membantunya jika perlu. Keempat, dukung sesama seniman agar tetap mendapat penghasilan. 

Bagi para penikmat seni, setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan untuk tetap mendukung aktivitas seni para seniman meski dalam keterbatasan ruang gerak secara fisik. Pertama, dukung seniman dengna menanyakan kabar dan membantunya jika perlu. Kedua, dukung mereka agar tetap mendapat penghasilan. Bagaimana caranya? Ini yang ketiga, yaitu ikuti kelas, lokakarya, dan gigs daring berbayar yang diadakan seniman. Keempat, beli merchandise dan karya seniman favoritmu via internet. Kelima, berlangganan layanan streaming musik dan film. *** (TP)

Foto: Image by Ana Krach from Pixabay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *